Cara Termudah Mendeteksi Artikel Yang Mengandung Plagiat

Hai, sahabat dosenesia. Males-malesan update ya, kami ini. Biasalah, ini bulan-bulan sibuk karena ada persiapan Penerimaan Mahasiswa Baru, KKN, hingga ngurusin Ujian Skripsi Mahasiswa. Hadeh…

Jadi begini, beberapa hari yang lalu, ketika kumpul-kumpul dosen di kantor, tiba-tiba ngrasani mahasiswa yang banyak copas ketika nulis tugas-tugasnya. Mulai dari esai, artikel, makalah hingga skripsi.

Beberapa dosen kemudian mengusulkan kepada pihak kampus untuk mencari aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek plagiarisme. Terutama ketika nulis skripsi.

Kan ini bahaya, jika tradisi copas ini tidak dibasmi dari akar-akarnya. Hehe

Bagi yang masih awam, barang kali ada, plagiarisme atau plagiat merupaka suatu perbuatan menjiplak gagasan, ide atau karya orang lain yang selanjutnya diakui sebagai karya sendiri.

Atau menggunakan karya orang lain tanpa menyebutkan sumbernya sehingga menimbulkan asumsi yang salah atau keliru mengenai asal muasal dari suatu ide, gagasan atau karya.

Sederhananya begitu, ya.

Nah selanjutnya, Pak Dosen akan membagikan tips dan cara praktis untuk menanggulangi plagiat tersebut.

Caranya bagaimana sih untuk mengecek plagiat dari sebuah artikel? Gampang.

Kita tinggal mengunjungi website penyedia jasa cek plagiat di internet. Ada banyak sekali situs-situs tersebut.

Oleh karena itu, Pak Dosen pilihkan aja ya. Hanya ada 5 webstite yang direkomendasikan untuk memudahkan cecker plagiarisme artikel.

Berikut ini adalah 5 situs terbaik untuk mengecek plagiat artikel.

1. Plagiarism Detector

plagiarismdetector.com

Situs ini sangat sederhana tampilannya, karena fungsinya memang untuk memudahkan dalam penggunaan, hingga kita tak perlu repot-repot mengatur ini itu, tinggal pakai saja.

Kita bisa memilih menjadi anggota premium atau gratis, jika gratisan kita dibatasi saja maksimal 1000 kata yang bisa kita cek plagiatnya, jika ada dokumen yang melebihi 1000 kata, kita bisa menjadi anggota premium.

Atau kalau mau diakali juga bisa, yakni dipotong-potong artikelnya. Hehehe.

Penggunaannya cukup mudah, kita tinggal unggah dokumen, bisa berbentuk Ms Word atau Pdf ke tombol hijau, lalu klik periksa plagiarisme.

2. Plagiarisma

plagiarisme.net

Situs ini kurang lebih sama dengan plagiarism detector, hanya saja di situs ini dokumen yang diunggah bisa lebih bervariasi, mulai dari power point, xlzx, xlz, epub dan lainnya.

Hanya saja, di platform ini space hanya 500 kata untuk versi gratisannya, jika berbayar bisa lebih dari itu, bahkan tidak terbatas. Kita tidak bisa asal unggah dokumen kecuali harus mendaftarkan sebagai pengguna terlebih dahulu.

Menariknya, situs ini menyediakan lebih kurang 190 bahasa, keren kan? Lengkap dan terukur.

3. Plagium

Pada dasarnya, plagium ini gratis, tapi ya yang namanya gratisan pasti terbatas banget. Namun jangan khawatir sebab plagium juga memberikan penawaran yang menarik dengan pembayaran setiap kali scan plagiarism.

Untuk biaya Quick Search sebesar 0.04$/page (Rp 500an) dan Deep Search sebesar 0.08$/page (Rp 1100an).

Jika kita tidak terlalu banyak mengecek artikel plagiat, maka lebih baik menggunakan Plagium ini saja, karena jatuhnya akan lebih murah daripada yang sistem bulanan.

4. Dutsball

Dustball imi benar-benar memberikan desain simple dan user friendly. Selain itu, Dustball ini hanya fokus pada plagiarism saja dan tentunya GRATIS.

Namun, ada namunnya ya. Versi gratis ini hanya dibatasi 1000 user saja setiap harinya. Jadi kita harus berebut untuk kebagian.

Jika sudah habis, maka kamu diharuskan untuk membayar biaya 8$ perbulan untuk bisa menikmati fitur dari Dustball ini.

Oke cukup ya, itulah 4 platform situs yang bisa digunakan untuk mendeteksi plagiat, kita bisa memilih pakai yang versi gratisan atau yang berbayar.

Saran saya, jika kita menggunakannya tidak setiap hari lebih baik yang gratisan saja. Namun jika memang diperlukan setipa hari maka lebih baik berbayar agar mendapatkan fitur yang lengkap dan tidak terbatas.

Atau, saya bisa kasih saran lagi. hehehe

Patungan dengan dosen-dosen yang lain, dan digunakan oleh banyak orang. Hehehe.

Semoga bermanfaat ya.

Oiya, kalau ada rekomendasi situs yang memberikan fitur plagiat, bisa drop di kolom komentar. Terima kasih…

Tinggalkan Balasan